RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas / Semester : X / 1
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Congratulatiing others
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Kompetensi Inti
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
1. Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3. Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4. Menyusun teks
lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
C. Indikator Percakapan Kompetensi
1.
Menunjukan motivasi untuk mengembangkan
kemampuan mereka dalam berbahasa inggris.
2.
Mengekspresikan dirinya dengan pecaya diri
ketika menggunakan bahasa inggris
3.
Agar siswa bisa mengidentifikasi
ungkapan untuk mengemukan selamat kepada sesama dengan menggunakan bahasa
inggris
4.
Melakukan percakapan dengan ungkapan
tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui ungkapan congratulating others peserta didik dapat menggunakannya dalam
kehidupan sehari-hari
2.
Menunjukan kesungguhan belajar bahasa
inggris dalam berkomunikasi dengan guru dan teman untuk member ucapan selamat
untuk memberi ucapan selamat
3.
Menujukan perilaku jujur, percaya diri,
dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tentang memberi ucapan selamat
pada sesama
4.
Megidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsure kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat
5.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
mengucapakan dan merespon ucapan selamat ( memberikan feedback)
E.
Materi
pelajaran
1.
Defenisi Congratulating other
2.
Contoh ungkapan Congratulating other
3.
Ucapan selamat : Congratulation, you’re great !. . I’m glad you think…good job, bro
!....excellent !
4.
Menganalisa percakapan yang berhubungan
dengan ucapan selamat
F.
Metode/model
dan media yang dipakai dalam pembelajaran
1.
Metode
:
Metode : Practice
Model : Pair work
Media : Buku,
papan tulis, picture.
Referensi : Bahasa
inggris kelas X semester 1 SMK/MA/SMA/MAK
:www.belajarbahasainggris.com
:www.youtube.com
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa siswa dengan salam serta
mengumpulkan tugas (PR) yang telah diberikan pada pertmuan sebelumnya
·
Menyiapkan peserta didik siap
untuk mengikuti pelajaran seperti mencek daftar hadir dan pegelolaan kelas
lainnya
·
Sebelum masuk ke topik pelajaran
dimulai dengan sedikit dengan pemanasan seperti me-review pelajaran sebelumnya.
·
Memberikan penjelasan terhadap
tujuan pembelajaran kepada siswa yang hendak dicapai tentang materi yang
akan diajarkan
|
…
Menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Guru memperkenalkan topik
pelajaran dengan menggunakan media yang bergambar : infokus
·
Guru sedikit menjelaskan kepada
siswa tentang ungkapan selamat dalam bahasa inggris
·
Guru meminta siswa untuk
membacakan dan menjelaskan tentang ungkapan selamat yang bisa dipakai dalam
gambar tersebut
Menanya
·
Guru menanya kepada siswa tentang
gambar yang telah diberikan sebelumnya dan mengaitkannya pada materi
pelajaran.
·
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang fungsi bahasa dari teks
tersebut sesuai dengan apa yang dibaca siswa
Mengumpulkan
informasi
·
Guru meminta siswa untuk
menyebutkan beberapa ungkapan yang bisa dipakai ketika seseorang meraih
sesuatu yang bagus (prestasi)
·
Guru dan siswa membahas secara
bersama bagaimana cara menggunakan selamat dengan tepat
·
Siswa dan guru sama-sama
menyuntingnya ke dalam kalimat yang bagus
Menalar
·
Meminta siswa untuk membuat
beberapa ungkapan selamat
·
Guru memastikan apakah siswa
benar-benar mengerti tentang teks tersebut
·
Untuk mencek pemahaman siswa
terhadap pelajaran guru memberikan tugas
·
Guru mencek satu per-satu apakah
siswa benar-benar mengerjakan tugas yang telah diberikan
Mengkomunikasikan
·
Setelah seluruh siswa selesai
mengerjakan tugas, guru dan siswa secara bersama membahas tugas yang telah
diberikan sekaligus mengidentifikasi jawaban yang terdapat pada soal
·
Guru menjelaskan kepada siswa
satu-persatu jawaban dari tugas tersebut
|
…
Menit
…Menit
|
Penutup
|
·
Guru kembali memastikan dengan
menanyakan apakah siswa memahami topik tentang yang telah dipelajari
·
Guru meminta siswa untuk
mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan sebelumnya
·
Guru memberikan tugas (PR) untuk
pertemuan berikutnya
·
Guru merangkum pelajaran dengan
jelas, tepat dan lugas
·
Guru menutup proses pembelajaran
dengan do’a.
|
… Menit
|
CONGRATULATING
OTHERS
Congratulating
others :
when someone express their feel or mind to other people because they are doing
a good job, or can reach achievement etc, congratulating is when something good
happens to some one, we congratulate him or her to express our pleasure
This expression will possible if we use
when celebrate important day such as I’ed Mubarak day, independent day, new
year, and birthday. Congratulating others usually used in card, commercial
break etc
Kind
of expression congratulating others and how to respond
Expression
congratulating others
|
·
Congratulations ! you have done a
good job !
·
That’s great !
·
Good job bro !
·
Excellent, you’re good !
·
You deserve that trophy ! I’m
proud of you
·
Congrats for getting the 1st
rank !!
·
I would be the first to
congratulate you !
·
Well done !
·
Congratulations on your new job !
·
Congratulations on the birth of
your baby
·
You have a won a prize ?
congratulations !
·
Good job ! you’ve made us proud
·
Congratulation on your graduation
in this school !
·
Happy I’ed Mubarak !
·
Happy new year !
·
Happy independent day !
|
Respond
|
·
Thank you very much for saying so
·
Oh, its nothing special actually
·
I’m glad you think so
·
Thank you it’s all because of you
·
Thank you very much, I work very
hard
·
Thanks a lot
·
Thanks for mentioning
·
How nice of you to say that
·
Good luck !
·
Thank you, I can’t forget when
you help me
·
Thanks to say that.
|
TASK
Read the question carefully and
choose your best answer !
1. Rina
: Hi, talia…………………………!
Talia
: Thank you very much
a. I
am sorry to hear that !
b. Oh
poor you are !
c. Congratulation
on your winning !
d. I
am proud of you
2. 1
got a scholarship to study at abroad, the correct response to the expressions
is……
a. Thanks
anyway
b. I’m
glad you think so
c. How
nice of you to say that
d. That’s
terrific, Congratulations !
3. Ari
: You’re the winner of singing contest, aren’t you ?
Ira
: Yes, that’s right !
Ari
: ……………………………
Ira
: Thanks a lot Ari !
What
expression can we use to complete the dialogue ?
a. Congratulations
on your success
b. Don’t
be proud Ira !
c. Forget
it !
d. Well
done !
4. Mike
: Hi, John ! You’ve won at boxing competition yesterday, congratulation that’s
good job.
John : ……………………………
What the correct respond to the conversation above ?
a. That’s
my job
b. Yeah,
nobody can beat me in the competition
c. So
what ? Are you jealous with my achievement?
d. Thank
you very much, I worked very hard
5.
Mario : How is your business, Herman ?
Herman
: very good, I’ve sold 50 unit smart phone today
Mario
: that’s good congratulation brother !
Herman
:…………………………………….
What
the correct respond to the conversation above ?
a. Don’t
mention it, nothing special
b. Alhamdulillah,
thank a lot
c. I’m
very proud with my achievement
d. Yeah,
I do my own
6.
Tina : …………….. Robert, on your promotion
as a project manager
Robert :…………….Tina, I worked very hard for this for
promotion
Tina
: You deserve it, my best wishes, good luck, with your new position
Choose
the best answer to fill in the blank !
a. Congratulation…….that’s
good job
b. Wonderful……..thanks
a lot
c. Congratulation……thank
you
d. All
answer are true
7.
Mr. irwandi : Toto, I heard you won the
speech competition last week, is it true ?
Toto : Yes, I won the second prize last
week
Mr
irwandi : ……………………………! That’s my student
Toto
: Thank you very much for saying so Mr.
What
the correct respond to the conversation above ?
a. I
think you will be first place
b. Never
give up, Son
c. After
that, you must at 1st place
d. Congratulations,
I’m glad to hear that
8.
John : Hello Emily, ………………………………………
Emily
: Thanks for mentioning john, Now my son age was 2 years old
John
: That’s good I wish his make you proud later Emily
Emily
: Thank you once again John, you’re my best friend
Fill
in the blank to complete the dialogue :
a. You’re
son so beautiful
b. Congratulation,
on your son birthday
c. Excellent,
you’re son very in his class
d. Good
job to your son Emily, he make me proud
9.
“Mark Marquez won at Moto GP series in
the circuit Misano, Italy, yesterday”
What
kind of congratulation to Mark Marquez can use we used to express it, except ?
a. I’m
disappointed because he won
b. Fantastic
job Mark !
c. Congratulation,
I’m very proud on your achievement
d. Good
job, you’re very smart in this circuit
10. Choose
kind of expression congratulation which not true below ?
a. Congratulation,
I’m very proud of you
b. Good
job, that my brother
c.
That’s great !
d. Not
bad, but it’s good
Tidak ada komentar:
Posting Komentar